PENGERTIAN, TUJUAN DAN JENIS MEMBACA
Nama : Ruaidah
Kelas : IX (Sembilan)
Judul : Hobi
MEMBACA
A.Pengertian Membaca
Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/bahasa tulis (H.G. Tarigan, 1986:7).
Suatu proses yang menuntut agar kelompokkata yang merupakan suatu kesatuan akan terlihat dalam suatu pandangan sekilas, dan agar makna kata-kata secara individual akan dapat diketahui. Kalau hal ini tidak terpenuhi, maka pesan yang tersurat dan yang tersirat tidak akan tertangkap atau dipahami, dan proses membaca itu tidak terlaksana dengan baik (Hodgson dalam Tarigan, 1986:7). Membaca merupakan kegiatan merespons lambang-lambang tertulis dengan menggunakan pengertian yang tepat (Ahmad S. Harjasujana dalam St.Y. Slamet, 2008:67). Hal tersebut berarti bahwa membaca memberikan respons terhadap segala ungkapan penulis sehingga mampu memahami materi bacaan dengan baik. Sumber yang lain juga mengungkapkan bahwa membaca merupakan perbuatan yang dilakukan berdasarkan kerja sama beberapa keterampilan, yakni mengamati, memahami, dan memikirkan (Jazir Burhan dalam St.Y. Slamet, 2008:67). Secara singkat dapat dikatakan bahwa “reading” adalah “bringing meaning to and getting meaning from printed or written material”, memetik serta memahami arti atau makna yang terkandung di dalam bahan tertulis (Finochiaro and Bonomo dalam H.G. Tarigan, 1986:8). Kegiatan membaca merupakan penangkapan dan pemahaman ide, aktivitas pembaca yang diiringi curahan jiwa dalam menghayati naskah. Proses membaca diawali dari aktivitas yang bersifat mekanis yakni aktivitas indera mata bagi yang normal, alat peraba bagi yang tuna netra. Setelah proses tersebut berlangsung, maka nalar dan institusi yang bekerja, berupa proses pemahaman dan penghayatan. Selain itu aktivitas membaca juga mementingkan ketepatan dan kecepatan juga pola kompetensi atau kemampuan bahasa, kecerdasan tertentu dan referen kehidupan yang luas. Dari berbagai pengertian membaca di atas, dapat ditarik simpulan bahwa kegiatan membaca adalah memahami isi, ide atau gagasan baik yang tersurat maupun tersirat dalam bahan bacaan. Dengan demikian, pemahaman menjadi produk yang dapat diukur dalam kegiatan membaca, bukan perilaku fisik pada saat membaca. Hakikat atau esensi membaca adalah pemahaman (St.Y. Slamet, 2008:68
membaca
adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk
memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media
kata-kata/bahasa tulis (Hodgson dalam Tarigan 1979:7). Membaca pada hakikatnya
adalah suatu yang rumit yang melibatkan banyak hal, tidak hanya sekadar
melafalkan tulisan, tetapi juga melibatkan aktivitas visual, berpikir,
psikolinguistik, dan metakognitif (Crawley dan Mountain dalam Rahim 2007:2).
Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang termasuk di dalam
retorika seperti keterampilan berbahasa yang lainnya (berbicara dan menulis)
(Haryadi 2007:4).
Senada
dengan pernyataan di atas, beberapa penulis beranggapan bahwa ‘membaca’ adalah
suatu kemampuan untuk melihat lambang-lambang tertulis tersebut melalui fonik
menjadi membaca lisan (oral reading) (Tarigan 1979:8). Dalam kegiatan membaca
ternyata tidak cukup hanya dengan memahami apa yang tertuang dalam tulisan
saja, sehingga membaca dapat juga dianggap sebagai suatu proses memahami
sesuatu yang tersirat dalam yang tersurat (tulisan). Artinya memahami pikiran
yang terkandung dalam kata-kata yang tertulis. Hubungan antara makna yang ingin
disampaikan penulis dan interpretasi pembaca sangat menentukan ketepatan
pembaca. Makna akan berubah berdasarkan pengalaman yang dipakai untuk
menginterpretasikan kata-kata atau kalimat yang dibaca (Anderson dalam Tarigan
1979:8).
Jadi,
membaca merupakan kegiatan mengeja atau melafalkan tulisan didahului oleh
kegiatan melihat dan memahami tulisan. Kegiatan melihat dan memahami merupakan
suatu proses yang simultan untuk mengetahui pesan atau informasi yang tertulis.
Membutuhkan suatu proses yang menuntut pemahaman terhadap makna kata-kata atau
kalimat yang merupakan suatu kesatuan dalam pandangan sekilas.
B.Tujuan
Membaca
Tujuan
utama membaca adalah untuk mencari serta memperoleh informasi dari sumber
tertulis. Informasi ini diperoleh melalui proses pemaknaan terhadap
bentuk-bentuk yang ditampilkan. Secara lebih khusus membaca sebagai suatu
ketrampilan bertujuan untuk mengenali aksara dan tanda-tanda baca, mengenali
hubungan antara aksara dan tanda baca dengan unsur linguistik yang formal,
serta mengenali hubungan antara bentuk dengan makna atau meaning (Broughton et
al dalam Sue 2004:15). Dengan demikian, kegiatan membaca tidak hanya berhenti
pada pengenalan bentuk, melainkan harus sampai pada tahap pengenalan makna dari
bentuk-bentuk yang dibaca. Makna atau arti bacaan berhubungan erat dengan
maksud, tujuan atau keintensifan dalam membaca (Tarigan 1979:9).
Berdasarkan
maksud, tujuan atau keintensifan serta cara dalam membaca di bawah ini,
Anderson dalam Tarigan (1979:9-10) mengemukakan beberapa tujuan membaca antara
lain:
a.
Membaca untuk memperoleh perincian-perincian atau fakta-fakta (reading for
details or facts). Membaca tersebut bertujuan untuk menemukan atau mengetahui
penemuan-penemuan telah dilakukan oleh sang tokoh, untuk memecahkan
masalah-masalah yang dibuat oleh sang tokoh.
b. Membaca untuk memperoleh ide-ide utama (reading for main ideas). Membaca untuk mengetahui topik atau masalah dalam bacaan. Untuk menemukan ide pokok bacaan dengan membaca halamn demi halaman.
c. Membaca untuk mengetahui ukuran atau susunan, organisasi cerita (reading for sequenceor organization). Membaca tersebut bertujuan untuk mengetahui bagian-bagian cerita dan hubungan antar bagian-bagian cerita.
d. Membaca untuk menyimpulkan atau membaca inferensi (reading for inference). Pembaca diharapkan dapat merasakan sesuatu yang dirasakan penulis.
e. Membaca untuk mengelompokkan atau mengklasifikasikan (reading for classify). Membaca jenis ini bertujuan untuk menemukan hal-hal yang tidak wajar mengenai sesuatu hal (Anderson dalam Tarigan 1979:10).
f. Membaca untuk menilai atau mengevaluasai (reading to evaluate). Jenis membaca tersebut bertujuan menemukan suatu keberhasilan berdasarkan ukuran-ukuran tertentu. Membaca jenis ini memerlukan ketelitian dengan membandingkan dan mengujinya kembali.
g. Membaca untuk memperbandingkan atau mempertentangkan (reading to compare or contrast). Tujuan membaca tersebut adalah untuk menemukan bagaimana cara, perbedaan atau persamaan dua hal atau lebih.
Dengan rumusan yang berbeda, Blanton, dkk. serta Irwin yang dikutip oleh Burns dkk. (1996) dalam Rahim (2007:11) menyebutkan tujuan membaca mencakup (1) kesenangan, (2) menyempurnakan membaca nyaring, (3) menggunakan strategi tertentu, (4) memperbaharui pengetahuan tentang suatu topik, (5) mengaitkan informasi baru dengan informasi yang telah diketahui, (6) memperoleh informasi untuk laporan lisan atau tertulis, (7) mengkonfirmasikan atau menolak prediksi, (8) menampilkan suatu eksperimen atau mengaplikasikan informasi yang diperoleh dari suatu teks dalam beberapa cara lain dan mempelajari tentang struktur teks, dan (9) menjawabpertanyaan-pertanyaanyang spesifik
C.Jenis Membaca
Menurut
Soedjono dalam Sue (2004:18-21) ada lima macam membaca, yaitu: membaca bahasa,
membaca cerdas atau membaca dalam hati, membaca teknis, membaca emosional, dan
membaca bebas.
1)
Membaca bahasa
Membaca
bahasa adalah membaca yang mengutamakan bahasa bacaan. Membaca bahasa
mementingkan segi bahasa bacaan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membaca
bahasa adalah kesesuian pikir dengan bahasa, perbendaharaan bahasa yang
meliputi kosa kata, struktur kalimat, dan ejaan.
2)
Membaca cerdas atau membaca dengan hati
Membaca
cerdas adalah membaca yang mengutamakan isi bacaan sebagai ungkapan pikiran,
perasaan, dan kehendak penulis. Bila hanya ingin mengetahui isinya, membaca
cerdas bersifat lugas. Akan tetapi, bial maksudnya untuk memahami dan memilki
isi bacaan, maka disebut membaca belajar.
3)
Membaca teknis
Membaca
teknis adalah membaca dengan mengarahkan bacaan secara wajar. Wajar maksudnya
sesuai ucapan, tekanan, dan intonasinya. Pikiran, perasaan, dan kemauan yang tersimpan
dalam bacaan dapat diaktualisasikan dengan baik.
4)
Membaca emosional
Membaca
emosional adalah membaca sebagai sarana untuk memasuki perasaan, yaitu
keindahan isi, dan keindahan bahasanya.
5)
Membaca bebas
Membaca
bebas adalah membaca sesuatu atas kehendak sendiri tanpa adanya unsur paksaan
dari luar. Unsur dari luar misalnya guru, orang tua, teman, atau pihak-pihak
lain.
Sesuai dengan pengertian jenis-jenis
membaca yang telah diuraikan di atas, maka membaca puisi termasuk ke dalam
membaca teknis karena membaca puisi harus memperhatikan ucapan, tekanan, dan
intonasinya, sehingga dapat mengaktualisasikan pembacaan puisi dengan baik.
Sumber : Ismail, Nanang. 2009. Peningkatan
Kemampuan Membaca Puisi dengan Metode Latihan Berjenjang Menggunakan media Audo
Visual Siswa kelas VII SMP Islam Al-Irsyad Kota Semarang. Skripsi.
Semarang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unnes. Hal. 13 - 18. Rabu,
03 November 2010, Tanggal di akses 29 September 2012 Jam : 15.00 wita.
Keren
BalasHapusMy blog
Sangat membantu, terimakasih😊
BalasHapusMmbaca adalah suatu usaha dan kgiatan utk mmproleh informasi yg dapat ditangkap oleh panca indra....
BalasHapus